Perkembangan Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra tidak terlepas dari perkembangan Universitas Wiralodra itu sendiri. Pendirian Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra didasarkan atas prakarsa para pemangku jabatan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dan keinginan masyarakat Indramayu untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan tinggi, khususnya pendidikan tinggi di bidang pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra didirikan dalam suatu sistem manajemen Universitas Wiralodra, pada tahun 1985. Program studi agribisnis Universitas Wiralodra adalah merupakan salah satu program studi yang ada pada Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra. Untuk pertama kalinya program studi agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra memperoleh status Terdaftar pada tahun 1986 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0508/O/1986. Sejalan dengan perkembangannya, pada tahun 1993 studi sosial ekonomi pertanian/agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra memperoleh status Diakui berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 132/Dikti/Kep/1993, tertanggal 20 April 1993. Kemudian pada tahun 2007 memperoleh akreditasi peringkat B berdasarkan SK BAN-PT No. 018/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007.

Sejak mulai berdirinya sampai sekarang fakultas pertanian telah meluluskan sarjana pertanian yang telah berkarya dan berkiprah pada instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, perbankan, akademisi dan lain-lain.

Upaya peningkatan kualitas lulusan sampai saat ini terus dilakukan, baik berupa peningkatan pelayanan akademik maupun upaya yang berkaitan dengan peningkatan mutu kompetensi lulusan yang diharapkan sehingga lulusan mampu bersaing di dunia kerja yang semakin ketat.