Indramayu, 14 Oktober 2016, Universitas Wiralodra resmi membuka program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 273/KPT/I/2016.

Agroteknologi adalah program studi ke 15 di Universitas Wiralodra, pembukaan prodi baru tersebut sudah lama di dambakan oleh masyarakat Indramayu, melihat Indramayu memiliki lahan pertanian yang cukup luas, hal ini berpotensi akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Universitas Wiralodra sebagai lembaga pendidikan berkewajiban menyiapkan sumberdaya manusia yang mumpuni dan mampu bersaing di era ekonomi asean ini. Rektor Universtas Wiralodra Dr. Ujang Suratno, SH., M.Si. menyatakan Agroteknologi adalah salah satu program studi dari 4 program studi yang diusulkan antara lain : Program Magister Ilmu Hukum, program sarjana Agroteknologi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Teknik Komputer, alhamduliah ijin pembukaan program studi Agroteknologi telah kami terima, saya berharap kehadiran Agroteknologi dapat berkontribusi pada pembangunan daerah dan pertanian di Indramayu semakin maju dalam menopang kebutuhan pangan nasional.

Program studi Agroteknologi fokus pada penyiapkan sumber daya manusia dalam mempelajari mengenai bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari berbentuk bibit sampai hasil dan selanjutnya produk, selain itu Agroteknologi mempelajari tentang tanaman dan tumbuhan pangan ataupun hortikultura, serta bagimana cara proses menanam yang baik, proses panen, proses pengolahan, hingga proses produksi. terang Rektor.