Dorong Pengembangan Pengelolaan Jurnal Berbasis Open Journal System (OJS) , LPPM UNWIR gelar Workshop bagi Pengelola Jurnal Program Studi

Sejumlah pengelola jurnal ilmiah program studi di lingkungan Universitas Wiralodra dan beberapa instansi pendidikan lainnya mengikuti “Workshop Pengelolaan Jurnal Berbasis Open Journal System (OJS)” yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Wiralodra pada tanggal 13-14 Februari 2018 di gedung Fisip Unwir Indramayu.  Termasuk pengelola jurnal dari Program Studi Agribisnis (Jurnal Agri Wiralodra) dan Agroteknologi (Jurnal Agro Wiralodra). Hadir sebagai pembicara adalah Dr. Uwes Fatoni Uwais Koordinator Daerah Jawa Barat Relawan Jurnal Indonesia sekaligus dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung.

Gambar: Pembukaan Workshop Pengelolaan Jurnal Berbasis Open Journal System (OJS)

Tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk pengembangan pengelolaan jurnal ilmiah di lingkungan program studi dari sistem cetak menjadi online. Tidak dipungkiri bahwa dengan adanya kemajuan teknologi turut berpengaruh pada publikasi karya ilmiah pada perguruan tinggi. Hal ini didasari atas keputusan Dirjend Dikti dan LIPI pada tanggal 1 September 2014 yang telah mengeluarkan Peraturan Dirjen Dikti No. 1 Tahun 2014 dan Peraturan Kepala LIPI No. 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah. Dengan adanya peraturan tersebut diharapkan dapat mendorong penerbitan jurnal ilmiah di Indonesia yang sebelumnya dalam bentuk cetak supaya segera dikelola dalam bentuk elektronik, sehingga meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas terhadap terbitan yang dikelola yang berdampak pada peningkatan diseminasi dan sitasi dari artikel yang dihasilkan.

Dikatakan Dr.Uwes Fatoni bahwa pentingnya pubikasi jurnal ilmiah  diantaranya untuk menyebarluaskan hasil penelitian dosen dan mahasiswa sehingga dapat bermanfaat bagi khalayak umum, menjadi wadah bagi karya tulis ilmiah dan pengembangan keilmuan, mempermudah indeksasi dan sitasi dapat lebih cepat dilakukan sehingga lebih efektif dan efisien, serta mengakomodir persyaratan kelulusan mahasiswa (sarjana maupun pascasarjana). Diharapkan kedepan bahwa OJS di lingkungan Unwir dapat terakreditasi sehingga dapat menjadi rujukan ilmiah bagi para peneliti, dosen, mahasiswa, praktisi dan umum.