Kegiatan Praktikum Botani di Laboratorium

Mata kuliah Botani merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi pada semester satu. Mata kuliah ini mempelajari mengenai tumbuhan dan tanaman sebagai organisme hidup dan merupakan mata kuliah dasar sehingga botani menjadi mata kuliah prasyarat untuk beberapa mata kuliah tertentu yang masih berkaitan.

Selain pertemuan kuliah di kelas, mata kuliah botani juga mewajibkan mahasiswa mengikuti praktikum agar mahasiswa lebih memahami dan memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi morfologi tanaman. Sehingga diharapkan mahasiswa Agroteknologi Universitas Wiralodra memiliki kompetensi yang tinggi dan siap bersaing dengan mahasiswa lulusan universitas lain.

Praktikum ini dilaksanakan di laboratorium dan mahasiswa diwajibkan menggunakan jas laboratorium sebagai pelaksanaan safety procedure. Identifikasi tanaman secara langsung di laboratorium memberikan pemahaman lebih kepada mahasiswa setelah mereka mendapat teori di kelas.

Gambar . Mahasiswa Agroteknologi sedang mengidentifikasi salah satu jenis jamur dan tanaman paku-pakuan

Selain identifikasi secara langsung tanaman-tanaman tentang morfologi, mahasiswa Agroteknologi juga dilatih untuk dapat mengamati bagian dalam tanaman berupa jaringan-jaringan serta stomata di bagian batang dan daun, Keterampilan mahasiswa dalam menggunakan mikroskop untuk mengamati sel, jaringan dan stomata dalam daun.

Gambar di atas merupakan bentuk alat pernapasan daun, yaitu stomata yang didapatkan oleh mahasiswa Agroteknologi dan didokumentasikan untuk diidenifikasi.

Secara umum, dengan mempelajari Botani, diharapkan mahasiswa dapat memahami mengenai klasifikasi dan taksonomi tumbuhan, penggolongan dan jenis-jenis tanaman tingkat tinggi dan tanaman tingkat rendah, serta struktur dan fungsi bagian luar tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.