Mahasiswa Berwirausaha

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Asean Free Trade Area (AFTA) diperlukan langkah kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan ekonomi. Berwirausaha merupakan salah satu langkah yang sangat tepat mengingat persaingan di masa depan akan semakin ketat dalam pencarian pekerjaan. Dengan berwira usaha, seseorang tidak hanya dapat meningkatkan nilai ekonomi, juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Bekal ilmu kewirausahaan juga diberikan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian dengan mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah Kewirausahaan agar mahasiswa memiliki kreativitas, inovasi, dan berdaya saing setelah menjadi alumnus nanti. Selain itu, mahasiswa memiliki kesempatan untuk praktek langsung berwirausaha di kampus.

Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra menyediakan usaha penjualan es krim “Aice” yang dikelola oleh Senat Mahasiswa di bawah divisi Kewirausahaan sejak tahun 2017. Stand penjualan es krim itu berada di bagian depan ruang Senat Mahasiswa dengan nama “Wamarta” akronim dari Warung Mahasiswa Pertanian. Dengan adanya stand penjualan tersebut, jika ada mahasiswa yang memiliki suatu produk yang ingin dipasarkan, dapat menitipkannya di stand dan mengelola bersama.

Dengan begitu, diharapkan mahasiswa Fakultas Pertanian dapat mengurangi tingkat pengangguran di masa depan, menciptakan lapangan pekerjaan, mengasah soft skill berkomunikasi dengan masyarakat, kreatif, dan menciptakan inovasi.