Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai dan Mahasiswa (KOPMA) Universitas Wiralodra

Pada Sabtu, 10 Maret 2018 digelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai dan Mahasiswa (KOPMA) Universitas Wiralodra, Tahun Buku 2017 bertemakan “Dengan RAT kita tingkatkan kesejahteraan anggota KOPMA Unwir”. Acara tersebut bertempat di Gedung Koperasi Kompleks Perpustakaan Unwir dihadiri oleh pengurus dan anggota KOPMA Unwir. Selain pengurus dan anggota KOPMA Unwir, RAT KOPMA Unwir dihadiri pula oleh Ketua Umum Yayasan Wiralodra Indramayu, Rektor Unwir, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indramayu, dan Ketua Dekopinda Kabupaten Indramayu.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah forum tertinggi pegambilan keputusan dalam sebuah koperasi . Karena itu, RAT merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi Koperasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-undangan tentang Perkoperasian di Indonesia. Sesuai amanat UU no.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Anggaran Dasar KOPMA UNWIR, dalam RAT Pengurus KOPMA UNWIR wajib menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban setiap akhir Tahun Buku. Atas dasar itulah, maka penyelenggaraan RAT KOPMA UNWIR dilaksanakan.

Pada acara tersebut, dilaksanakan pula pembukaan Waserda (Warung Serba Ada) KOPMA UNWIR. Waserda menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako, makanan ringan, minuman ringan dan lainnya. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa, dosen, karyawan, staf dan masyarakat umum di sekitar lingkungan Unwir. Sebagai langkah kedepan, KOPMA UNWIR sudah merencakan pilot project berupa pengadaan Kantin Kopma Unwir, Kopma Unwir Mart (berupa konsep berbelanja yang nyaman dan lengkap), Kopma Unwir Rental and Travel (penyediaan jasa transportasi) dan Penerbit Kopma Unwir (jasa percetakan buku).

Menurut Ketua KOPMA UNWIR Ibnu Rusydi, M.A. yang menjabat pada masa bhakti 2014-2019, pada kepengurusanna selama 4 tahun ini, semoga  dapat memberikan manfaat dan perubahan positif bagi kemajuan KOPMA Unwir di masa yang akan datang. Diharapkan dengan adanya pengembangan usaha tersebut dapat lebih meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dan semangat koperasi yang berasaskan kekeluargaan dapat terus terjalin.