logo_fp

Wanakaya, 09 Juli 2024. Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan keterampilan warga dalam menjaga kesehatan lingkungan dan tanaman pertanian, Mahasiswa KKN Universitas Wiralodra Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis menggelar acara “Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pestisida Alami Berbahan Rendaman Batang  Serai”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN Universitas Wiralodra Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis bekerja sama dengan Ibu-Ibu PKK dan Masyarakat Desa Wanakaya Kecamatan Haurgeulis. 

Acara ini dihadiri oleh 18 warga Desa Wanakaya, yang terdiri dari ibu rumah tangga dan ibu-ibu PKK. Pelatihan ini dipandu oleh Nur Alia Sari, mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian sebagai pemateri pada acara teresbut.  

Ketua kelompok KKN Desa Wanakaya Kecamatan Haurgeulis, Irfan Julianto dalam sambutannya mengatakan, "Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, warga Desa Wanakaya dapat mengurangi ketergantungan pada penggunaan pestisida kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Pestisida alami dari rendaman serai ini adalah alternatif yang ramah lingkungan dan mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita."

Selama pelatihan, para peserta diajarkan cara membuat pestisida alami dengan menggunakan rendaman batang serai. Proses pembuatannya melibatkan beberapa tahap, mulai dari pemilihan bahan baku, perendaman serai, hingga teknik aplikasi pada tanaman. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik langsung di lapangan agar lebih memahami cara kerja pestisida alami ini.

Seorang peserta, Ibu Suteni, mengungkapkan rasa antusiasnya, "Pelatihan ini sangat bermanfaat. Kami jadi tahu bahwa ada cara yang lebih aman dan efektif untuk melindungi tanaman kami dari hama tanpa harus menggunakan bahan kimia. Semoga ke depan, lebih banyak warga yang menerapkan metode ini."

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan mengisi pretest dan posttest Para peserta juga diberikan hasil dari pembuatan pestisida alami berbahan dari rendaman batang serai.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan warga Desa Wanakaya Kecamatan Haurgeulis dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan hasil pertanian yang lebih sehat dan berkelanjutan.

 

Hubungi Kami

Jl. Ir. H. Juanda KM. 03 Singaraja, Indramayu – Jawa Barat, 45213 Indonesia

Telp/Fax: (0234)275946, (0234)273040

Email: faperta@unwir.ac.id