logo_fp

Pada hari Rabu, 7 Februari 2024, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Wiralodra menyelenggarakan “Coaching Clinic Proposal Riset dan Abdimas Lolos Bima Tahun 2024”. Acara yang diselenggarakan untuk seluruh dosen di lingkungan UNWIR ini mengundang pembicara reviewer nasional yaitu Prof. em. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto. Hampir seluruh dosen UNWIR mengikuti acara tersebut termasuk dosen Fakultas Pertanian penerima Hibah Internal UNWIR 2023.

Pada acara ini juga pemateri mereview proposal seluruh penerima Hibah Internal UNWIR 2023 guna menyempurnakan proposalnya untuk pengajuan penelitian dan pengabdian ekternal 2024.

riset abdimas

Adapun dosen Fakultas Pertanian yang lolos Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNWIR 2023 yaitu : Entus Hikmana, S.Pt., MP (penelitian).; Supriyadi, S.P., M.EP. (penelitian); Fadhillah Laila, S.P., M.P. (Penelitian); Fina Dwimartina, S.P., M.Sc. (Penelitian & Pengabdian); Faisal Al Asad, S.P., M.Si (Penelitian & Pengabdian). Dari proposal tersebut, Fakultas Pertanian menyumbang 18 % keikutsertaannya dari seluruh proposal yang diterima. Karena menurut laporan Ketua LPPM (Ir. Yudhi Mahmud, M.P.) terkumpul proposal yang mendaftar sebanyak 48, dan proposal yang lolos pendanaan sebanyak 39 yang terdiri dari 27 proposal penelitian dan 12 proposal pengabdian kepada masyarakat.

Acara Coaching tersebut berjalan sangat menarik. Pemateri menyampaikan trik agar proposal diterima dan didanai. Salah satu triknya adalah tim yang diajukan minimal berbeda keilmuan, judul yang menarik, dan penjelasan detail terkait isi dari template proposal.  Menurut Prof Didik, dengan tim yang berisi orang yang berbeda keilmuan, judul yang menarik, dan proposal yang sesuai dengan ketentuan akan lebih diutamakan diterima, dibaca, dan berpeluang besar untuk didanai. Apalagi pada bidang pertanian yang merupakan salahsatu bidang prioritas pembangunan pemerintah. Semoga dengan terselenggaranya acara ini, kedepannya banyak proposal penelitian dan pengabdian yang diajukan diinternal dan eksternal…. Aamiin.

Hubungi Kami

Jl. Ir. H. Juanda KM. 03 Singaraja, Indramayu – Jawa Barat, 45213 Indonesia

Telp/Fax: (0234)275946, (0234)273040

Email: faperta@unwir.ac.id