Pelatihan Hidroponik Agroteknologi

-

Indramayu, 13 Maret 2021. Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra menyelenggarakan Pelatihan Hidroponik dengan tema “Meyiapkan Diri Membantu Ketahanan Pangan di Era New Normal Melalui Hidroponik” sebagai salah satu Program Kerja Himagro 2020/2021.

Acara dipandu oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra Bapak Teguh Iman Santoso, S.P.,M.EP. dan Bapak Faisal Al Asad, S.P.,M.Si. selaku Dosen Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai penanaman secara hidroponik dalam membantu ketahan pangan keluarga di Era New Normal ini pada lingkup internal Universitas Wiralodra. Tercatat ada total 30 partisipan dari 30 tiket yang disiapkan panitia.

Mahasiswa Universitas Wiralodra mendapatkan materi mengenai teknis pelatihan hidroponik dari awal penanaman, perawatan, hingga proses pemanenan tanaman hidroponik. Acara berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan seperti memakai masker, menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak.

Poin yang ingin dicapai melalui acara ini diantaranya adalah pemanfaatan pekarangan rumah dengan hidroponik yang saat ini menjadi solusi sekaligus trend dan patut untuk di coba. Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti ini, trend hidup sehat dan aktivitas di rumah semakin meningkat. Melalui pemanfaatan pekarangan dengan hidroponik, kita dapat membantu ketahanan pangan ditingkat keluarga. Hidroponik memiliki instalasi yang tidak terlalu memakan tempat, bahkan bisa dilakukan menggunakan barang – barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Budidaya hidroponik akan menghasilkan produk yang lebih bersih dan dapat diproduksi pada skala keluarga. Tanaman hasil hidroponik juga lebih sehat karena cenderung tidak meninggalkan residu kimia. Selain menambah keindahan dan kualitas hidup sehat, berkebun secara hidroponik bisa dijadikan peluang bisnis pertanian (rsm/mhs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *